Akses Aplikasi Permasalahan Login Master Data Monitoring Data Status Data Inputan Pengisian Formulir

Akses Aplikasi

Indikasi:
1. Smartphone tidak mendapatkan jaringan internet
2. Server offline
Tindak Lanjut:
1. Pastikan smartphone mendapatkan jaringan internet
2. Tim Teknis PK23 memastikan server online

Indikasi:
Role akses portal dibatasi maksimal 3 user dalam waktu yang bersamaan
Tindak Lanjut:
Untuk sementara, akses portal pada waktu yang tidak peak time, misalnya malam hari

Indikasi:
langsung update ke aplikasi/PWA PK23
Tindak Lanjut:
Langkah-langkah untuk update : JANGAN masuk ke PWA PK23 untuk update tapi akses PK23 melalui browser Google Chrome, login dan refresh hingga tulisan versi (di bagian bawah) 2.2.5. Setelah berhasil mendapat versi 2.2.5 baru kemudian buka aplikasi/PWA PK23.

Permasalahan Login

Tindak Lanjut:
Portal tidak dapat diakses oleh dan menggunakan akun Pendata. Akses portal untuk 1 username dibatasi maksimal 3 user dalam waktu yang bersamaan.

Indikasi:
1. Salah input password
2. Salah input username
3. Salah privileges user
4. Jaringan internet pada wilayah pendata dibawah 3G/Smartphone hanya mendapat kualitas jaringan dibawah 3G
Tindak Lanjut:
1. Pastikan username dan password yang diinput sudah benar
2. PPK23 hanya dapat diakses oleh user Pendata. Sedangkan user SPV dan MD hanya dapat mengakses Portal PPK23
3. Pastikan jaringan internet yang didapat oleh pendata pada gadget/smartphone nya minimal 3G

Indikasi:
MD/SPV membuat user per RT bukan per kader pendata
Tindak Lanjut:
Lakukan BACKUP SECARA BERKALA, sering-sering melakukan backup dan simpan file backup di tempat yang mudah dicari, sehingga dapat digunakan untuk pencarian kembali data keluarga yang sudah disimpan.
Tidak perlu logout dari PWA PPK23, lanjutkan saja mendata. untuk sementara, aplikasi Cleaner Memory atau sejenisnya didisable/nonaktikan terlebih dahulu. Satu username dapat di assign beberapa wilayah dalam 1 desa tersebut, tambahkan peta wilayah pendataan ke dalam 1 user pendata yang sama jika 1 orang pendata ditugaskan untuk mendata lebih dari 1 RT/RW.

Tindak Lanjut:
Cek pada Daftar Draft, jika data kosong maka sampaikan username ke Help Desk Dittekda untuk masing-masing provinsi

Indikasi:
Aplikasi Cleaner Memory atau sejenisnya berjalan membersihkan cache pada smartphone tersebut
Tindak Lanjut:
Untuk sementara, aplikasi Cleaner Memory atau sejenisnya dinonaktifkan.

Master Data

Tindak lanjut:
Dihimbau untuk menonaktifkan pendata yang mengundurkan diri lalu membuat akun pendata baru pada wilayah yang bersangkutan

Indikasi:
Load network portal padat
Tindak lanjut:
Untuk sementara, akses portal pada waktu yang tidak peak time, misalnya malam hari

Tindak lanjut:
Pendata tetap melakukan pendataan, SPV merubah konfigurasi metode entry data pada desa dimaksud

Tindak lanjut:
Target di portal diisi menjadi 0, agar tidak ikut terhitung sebagai beban capaian pemutakhiran tahun 2023.

Indikasi:
Ada desa/kelurahan yang riil terbaru tidak ada karena suatu hal
Tindak lanjut:
Data desa/kelurahan tidak dapat dihapus, abaikan/biarkan desa/kelurahan tersebut dan kosongkan target, RT/RW, dan pendatanya.

Monitoring Data

Tidak Lanjut:
1. Pada saat login pertama kali, aplikasi akan otomatis retrieve data PPK23 yang pernah diinput oleh user ybs pada device yang digunakan sekarang
2. Tekan/sentuh tombol Refresh yang berada diantara tombol Notifikasi (Lonceng) dan Sinyal, tunggu hingga proses selesai. Lakukan langkah ini pada koneksi internet yang stabil dan tidak ada pemberitahuan maintenance server/aplikasi.

Indikasi:
Data KK pada akun pendata tersebut belum mendapatkan status atau masih dalam daftar draft
Tidak Lanjut:
Progress kerja akan berubah jika data KK sudah mendapatkan status Valid/Not Valid/Anomali

Indikasi:
Ada delay data dari couch DB (penyimpanan data KK) ke DB (penyimpanan data validasi) untuk portal. Couch DB untuk storage data dari pendata, db untuk portal berisi data yang sudah tervalidasi
Tidak Lanjut:
SPV dan MD tetap memantau melalui portal selagi antrian data yang divalidasi masuk ke dalam DB portal

Tidak Lanjut:
Disediakan peta capaian per provinsi hingga kabupaten pada url: monevpemutakhiranpk22-pdn.bkkbn.go.id yang akan diupdate pukul 16.00-17.00 WIB setiap harinya

Status Data Inputan

Indikasi:
Belum mendapatkan feedback status dari sistem karena masih dalam antrian
Tidak Lanjut:
Jika dalam 1x24 jam belum berubah status datanya, lakukan refresh pada data dimaksud cukup 1x dalam 1 hari

Indikasi:
Antrian validasi data KK masih banyak
Tidak Lanjut:
Jika dalam 1x24 jam belum berubah status datanya, lakukan refresh pada data dimaksud cukup 1x dalam 1 hari

Indikasi:
Belum melakukan clear cache dan login ulang sebelum melakukan pendataan pertama pada tanggal 1 April 2021
Tidak Lanjut:
Clear Cache aplikasi PWA PK23 kemudian kembali login pada aplikasi

Indikasi:
Belum mendapatkan feedback status dari sistem karena masih dalam antrian
Tidak Lanjut:
Jika dalam 1x24 jam belum berubah status datanya, lakukan refresh pada data dimaksud cukup 1x dalam 1 hari. Status data Received artinya data KK sudah dikirim ke database namun belum divalidasi dan dikirim ke sistem lebih lanjut untuk divalidasi, Valid/Not Valid/Anomali artinya data KK sudah mendapatkan validasi dari sistem.

Indikasi:
1. Browser yg digunakan bukan browser Google Chrome, data tidak tersimpan di lokal db PWA PK23
2. Aplikasi Cleaner Memory berjalan otomatis di Smartphone, sehingga cache di lokal db terhapus sebelum data KK tersebut terikirim ke server
Tidak Lanjut:
1. Gunakan browser Google Chrome dan kemudian install PWA PK23, gunakan PWA PK23 yang sudah terinstall untuk melakukan pendataan
2. Untuk sementara, aplikasi Cleaner Memory atau sejenisnya dinonaktifkan

Indikasi:
Nomor Keluarga sudah digunakan oleh pendata ini sebelumnya
Tidak Lanjut:
Edit data dan sesuaikan nomor keluarga dengan urutan yang sudah ada, lanjutkan sampai Simpan Data

Tidak Lanjut:
Data pada PK23 dev tidak digunakan untuk kalkulasi/rekapitulasi, hanya digunakan untuk latihan. Hindari menggunakan PK23 dev untuk mendata.

Tidak Lanjut:
Data KK dengan status Anomali dan Not Valid/Tidak Valid hanya dapat diubah oleh akun pendata, MD dan SPV hanya dapat melihat status Anomali atau Not Valid/Tidak Valid dengan Indikator Alasannya

Indikasi:
Permission untuk lokasi tidak diberikan/not allowed
Tidak Lanjut:
Untuk melakukan perubahan data/Edit dan Simpan, pastikan location dapat diakses oleh browser Google Chrome. PK23 tidak memproses perubahan/simpan data jika lokasi tidak di-allow di browser Google Chrome dan Smartphone.

Pengisian Formulir

Tindak lanjut:
Edit data kemudian Save as Draft. Edit kembali dan lakukan pendataan hingga selesai.

Tindak lanjut:
Edit data kemudian Save as Draft. Edit kembali dan lakukan pendataan hingga selesai.

Indikasi:
Tombol refresh secara sengaja/tidak sengaja terpencet
Tindak lanjut:
Pendata melanjutkan proses pendataan hingga pertanyaan terakhir dan tombol Simpan Data